Quantcast
Laugh

7 Langkah Sederhana Untuk Membangun Kreativitas Anda

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

“Inovasi membedakan seorang pemimpin dan pengikut.” – Steve Jobs

Apakah anda pikir anda adalah orang yang kreatif? Jika iya, anda harus tahu bahwa kebanyakan orang tidak pernah merasakan manfaat kreativitas mereka. Orang yang benar-benar kreatif memiliki keahlian untuk menggunakan dan mengamati semua sumber daya, informasi, dan pengetahuan yang dibutuhkan untuk membebaskan kreativitas mereka. Jadi berikan diri anda sendiri waktu untuk menajamkan pedang kreativitas anda dengan membaca post ini.

Ada dua halangan yang biasanya menutup kreativitas anda. Mereka adalah tembok eksternal dan internal anda. Hal-hal yang membatasi imajinasi dan inspirasi adalah tembok internal dan keahlian mempresentasikan dan mengekspresikan ide anda adalah contoh dari tembok eksternal.

Artikel ini akan memberikan anda beberapa tips untuk meningkatkan kreativitas anda dengan meruntuhkan tembok-tembok ini. Jadi mari kita mulai:

  1. Berhenti bergantung kepada orang lain
    menyelesaikan masalah
    Belajar bagaimana menggunakan kekuatan anda sendiri. Lihat sekeliling anda dan perhatikan apa yang anda punyai sekarang. Bayangkan bagaimana anda bisa menggunakan apa yang anda punyai sekarang, semaksimal mungkin. Hal ini mungkin agak sulit awalnya, namun pelan-pelan, anda akan bisa menyesuaikan diri.

    Ini bukan berarti bahwa anda harus terus menyendiri dan tidak mematuhi perintah atasan anda. Ini berarti bahwa anda bisa membangun kapasitas kreativitas anda dengan belajar dari orang lain. Itu berarti berinteraksi dengan benar dan menciptakan kesempatan anda sendiri.

  2. Mimpi, pikir, dan ciptakan hasil vs. proses
    Anda harus percaya anda memiliki sebuah otak yang luar biasa yang dipenuhi oleh berbagai ide-ide cemerlang. Anda harus mengemukakan ide-ide itu. Bagikan ide-ide itu pada orang-orang di sekitar anda dan lihat apa yang mereka katakan. Beberapa ide anda mungkin terdengar lucu, gila, atau tidak mungkin bagi anda,. Namun, itu tidak penting. Orang bijak berkata bahwa kesuksesan kita ditentukan oleh ukuran mimpi kita. Jadi jangan berhenti bermimpi dan saat anda menemukan waktu untuk menjadikan mimpi itu sebuah kenyataan, ekspresikan kreativitas anda.
  3. Kelilingi diri anda dengan kesempurnaan Pablo Picasso pernah berkata, “Pelukis profesional meniru, pelukis legendaris mencuri.” Itu artinya orang-orang yang sukses belajar dari orang-orang yang lebih sukses, dan orang-orang sukses belajar dari orang-orang tersukses di dunia. Anda tidak akan bisa membangun kreativitas anda saat anda dikelilingi orang-orang yang negatif yang terus menganggu anda. Jadi kelilingi diri anda dengan orang-orang kreatif, dan belajar dari mereka. Ini bukan hanya tentang mengelilingi diri anda dengan orang-orang bertalenta, ini adalah tentang ilmu pengetahuan. Jangan batasi diri anda. Selalu pelajari dan alami hal-hal baru. Hal ini akan membebaskan kreativitas anda.

  4. Sempatkan waktu untuk bersenang-senang
    Masukkan di jadwal harian anda satu jam atau lebih untuk hobi anda. Hobi itu bisa berupa berkebun, mengoleksi perangko, melukis, dan lain-lain.

    Mungkin aktivitas-aktivitas itu tidak akan membuat anda lebih kaya, tapi aktivitas-aktivitas itu bisa membuat anda menjadi lebih kreatif.

  5. Lawan ketakutan anda terhadap kegagalan

    Ketakutan anda terhadap membuat kesalahan atau kegagalan bisa membunuh kreativitas anda. Anda harus ingat bahwa kesalahan pasti akan terjadi-  mereka adalah bagian dari proses kreativitas. Banyak orang jenius bergulat dengan ketakutan mereka akan kegagalan, namun mereka tidak pernah menyerah dan terus berusaha sampai mereka berhasil.

    Namun, untuk menghadapi rasa takut akan kegagalan anda; anda harus belajar untuk menganalisa apa yang mungkin akan terjadi, membuat rencana cadangan dan memikirkan skenario terburuk. Hal ini akan membantu anda melihat ketakutan itu secara objektif dan mengalahkannya dengan mudah.  

  6. Lebarkan zona nyaman anda
    Orang-orang biasanya terjebak di dalam zona nyaman mereka dan takut untuk mencoba hal-hal baru di dalam kehidupan mereka. Hal ini mungkin menjadi masalah besar karena kita semua memiliki rutinitas yang sama- kreativitas kita akan mati.  Kita harus terus mencoba berbagai hal baru dan melebarkan pengetahuan kita untuk meningkatkan kreativitas kita.

    Anda tidak harus pergi naik gunung, tapi anda bisa pergi ke kota terdekat, berbicara dengan orang yang tidak anda kenal, membaca buku-buku yang biasannya tidak anda baca.

    7.
    Jauhkan diri anda dari stress- enjoy aja!orang yang bebas dari luka kehidupanJangan biarkan diri anda terpuruk karena kegagalan dan tekanan-tekanan hidup anda. Berliburlah ke luar kota, bertemulah dengan teman-teman dan keluarga anda, atau pergilah menonton bioskop! Hal-hal kecil ini bisa membantu anda membebaskan pikiran anda.

    Saat kita merasa tertekan, kreativitas kita terjebak di dalam diri kita dan sangatlah sulit memikirkan ide-ide baru dengan pikiran seperti itu. Itulah kenapa sangatlah penting untuk memanjakan anda sekali-kali dan menikmati hidup!

 

Sekian tips-tips untuk menambah kreativitas anda. Jika anda mendapati tips ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment