Quantcast
Laugh

Kebahagiaan Dimulai Dari Kita

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

“Kedamaian datang dari dalam. Jangan cari kedamaian di luar sana.”- Gautama Buddha.

Hubungan kita dengan diri kita sendiri adalah hubungan paling penting di kehidupan ini. Tidak ada satu waktu pun di dunia ini di mana anda terpisahkan dengan diri anda sendiri, baik di masa lalu ataupun masa depan anda. Kita akan terus bersama dengan diri kita sendiri setiap waktu, setiap hari.

Untuk beberapa orang, ini adalah sebuah ide yang menakutkan. Mereka tidak menyukai diri mereka sendiri dan mereka terus berharap mereka adalah seseorang yang lain. Keirian, kedengkian, dan ketidakpuasan adalah sebuah tema yang sering muncul di dalam kehidupan mereka. Dan untuk mereka, kebahagiaan adalah sesuatu yang sangat sulit mereka dapatkan.

Mereka terus mencari sesuatu yang bisa mengalihkan perhatian mereka, mengganggu mereka. Sesuatu yang bisa membuat mereka lupa akan diri mereka sendiri. Toh, jika anda tidak menyukai diri anda sendiri, televisi, majalah, dan internet bisa menjadi sebuah pelarian yang mudah. Gangguan-gangguan ini akan memecah kesunyian dan hanya akan membuat anda lebih tidak puas dengan hidup anda. Anda akan merasa kosong.

Ini sangatlah disayangkan. Karena anda dapat menemukan kedamaian di dalam kesendirian.

Di sisi lain, beberapa orang lain merangkul sisi ekstrim yang lain. Mereka larut dalam cinta terhadap diri mereka sendiri dan tujuan-tujuan mereka sehingga mereka kehilangan logika dan keobjektivan mereka. Mereka menjadi orang-orang yang egois, sensitif, dan obsesif. Hasilnya, mereka kehilangan kemampuan untuk memikirkan orang lain, mengakui kesalahan, dan menunjukkan empati. Kehidupan mereka biasanya dinodai oleh kesombongan, keserakahan, dan keegoisan.

Ini sekali lagi sangatlah disayangkan. Karena anda akan menemukan kekuatan di dalam kerendahan hati dan melayani orang lain.

Namun, mereka yang telah menemukan keseimbangan diantara kedua ekstrim ini akan menemukan kebahagiaan. Dan disitu, mereka akan menemukan kedamaian hati.

Mereka belajar untuk menerima keunikan mereka dengan rendah hati. Mereka menemukan kepuasan dari situasi mereka. Mereka menemukan kebahagiaan dengan membagikan kehidupan mereka dengan orang lain. Mereka menemukan sebuah tujuan yang lebih besar dari tujuan mereka sendiri.

Dan untuk mereka, kepuasan dan kebahagiaan adalah sesuatu yang selalu ada di hati mereka.

Jika anda mendapati tips ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment