Quantcast
Laugh

Kekuatan Hadir Penuh

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Bagaimana anda bisa menemukan kedamaian dan ketenangan di tengah kekacauan?

Jawabannya sederhana, walaupun tidak selalu mudah untuk dipraktikkan: hadir penuh.

Tidak penting seberapa kacaunya hari anda, tidak penting seberapa sulitnya pekerjaan atau kehidupan anda, hadir penuh pada saat ini bisa memberikan anda kedamaian. Dengan hadir penuh, anda bisa merubah hidup anda.

Saat saya bertanya kepada orang-orang hal apa saja yang biasanya membuat kehidupan mereka kacau, mereka biasanya menjawab:

  • Pekerjaan, internet, dan otak saya
  • Social media dan gangguan digital
  • Anak-anak saya
  • Kekurangan kendali, dan lain-lain

Yang luar biasa: semua masalah ini bisa diselesaikan dengan sebuah teknik sederhana: hadir penuh saat ini.

Bagaimana Hadir Penuh Bisa Menyelesaikan Masalah

Saat anda melihat masalah-masalah di atas, anda bisa melihat bahwa masalah -masalah itu disebabkan oleh pikiran mereka. Tentu ada berbagai tekanan dari luar yang menyulitkan kehidupan mereka: pekerjaan yang tak terkendali, mengurus anak-anak, dan gangguan dari internet. Namun, cara pikiran mereka menangani gangguan-gangguan itulah masalahnya

Jika anda hadir penuh saat ini, tekanan dari luar tidak akan lagi menjadi masalah, karena hanya ada anda dan apa yang ada di depan anda saat ini, dan bukan jutaan hal lain yang harus anda khawatirkan.

Jika anak anda mengganggu anda, anda bisa merasa stress karena anda sedang mengkhawatirkan puluhan hal lain dan sekarang anak anda menambah kekhawatiran atau mengganggu ketenangan anda. Atau anda bisa hadir penuh saat ini, dan memusatkan perhatian anda pada anak anda sekarang. Anda bisa menghargai anak itu apa adanya, dan bersyukur anda memiliki waktu bersamanya.

Jika pekerjaan anda mengharuskan anda untuk fokus kepada pekerjaan-pekerjaan mendesak, anda bisa merasa stress karena anda memiliki jutaan hal yang ingin anda lakukan dan tidak cukup waktu untuk melakukan hal-hal itu semua. Atau anda bisa hadir penuh, dan fokus pada tugas yang harus anda laksanakan, dan sekarang hanya ada satu tugas itu dan anda. Saat anda selesai, anda bisa melanjutkan tugas yang lain.

Media Sosial dan gangguan digital lainnya tidak akan menganggu kita jika kita menutup aplikasi itu dan belajar untuk menuangkan konsentrasi kita pada tugas yang ada di depan anda. Dan jika kita harus meng-email, membaca sebuah blog, atau mengepost sesuatu, kita bisa mengesampingkan hal-hal lain dan hadir penuh melakukan tugas digital itu.

Hadir penuh pada saat ini menjadi, satu jalan untuk menghadapi masalah, gangguan, dan stress apapun yang anda rasakan sekarang. Hadir penuh penuh pada saat ini akan membuat segalanya terlupakan, membuat anda fokus pada apa yang harus anda kerjakan sekarang.

Bagaimana Cara Hadir Penuh Saat Ini

Cara untuk hadir penuh pada saat ini sebenarnya sangat sederhana.

Kebanyakan orang tidak belajar untuk hadir penuh pada saat ini karena mereka tidak pernah mencoba untuk melakukannya, bukan karena itu adalah sesuatu yang sulit.

Saat anda menjadikan sebuah aktivitas menjadi sebuah kebiasaan, anda menjadi lebih ahli untuk melakukan hal itu. Aktivitas itu tidak lagi menjadi sebuah tugas yang ada di catatan harian anda.

Berlatihlah untuk hadir penuh di dalam setiap situasi dan anda akan menjadi lebih peka akan saat ini.

Ini adalah bagaimana cara anda melakukannya: apapun yang anda lakukan sekarang, belajar untuk fokus untuk melakukan satu hal itu saja. Pusatkan perhatian anda pada segala hal yang anda lakukan, tubuh, sensasi, dan pikiran anda.

Saat anda memperhatikannya sungguh-sungguh, anda akan menyadari pikiran anda terus melompat dari satu hal ke hal lain. Itu tidak apa-apa- anda tidak sedang mencoba untuk memaksa pikiran-pikiran lain dari otak anda. Namun, dengan menyadari pikiran-pikiran yang muncul di dalam otak anda, anda akan menemukan cara untuk membawa diri anda untuk fokus pada tugas yang ada di depan mata. Perhatikan pikiran-pikiran yang melompat dan giring pikiran-pikiran itu kembali.

Lakukan hal ini sekali, lalu lakukan lagi. Jangan takut berapa banyak anda harus mencobanya. Lakukan sekarang juga.

Hal ini bisa terasa melelahkan pada awalnya, jika anda tidak terbiasa. Jangan cemas. Biarkan diri anda sendiri beristirahat saat anda merasa lelah. Kembali latihan lagi beberapa menit kemudian. Hal ini seharusnya tidak membuat anda merasa lelah- alih-alih anda harus menyadari bagaimana kecemasan anda hilang dan anda akan bisa lebih menikmati tugas yang ada di depan mata anda sekarang.

Bergembiralah dengan apapun itu yang anda lakukan, bersyukurlah bahwa anda bisa melakukan tugas itu, dan hargai setiap gerakan dan sensasi yang anda dapatkan dari tugas itu. Anda akan belajar bahwa segala sesuatu bisa menjadi pengalaman yang luar biasa, segala sesuatu bisa menjadi sebuah mukzizat.

Biasakan pikiran anda untuk melakukan hal ini setiap hari. Thich Nhat Hanh pernah merekomendasikan rambu lalu lintas menjadi pengingat anda untuk hadir penuh pada saat ini. Anda bisa menemukan pengingat-pengingat ini dimanapun: suara anak anda, kolega-kolega anda, alarm di komputer anda, dan lain-lain.

Meditasi adalah cara terbaik untuk melatih kebiasaan ini karena meditasi dapat menghilangkan kekacauan dunia dan membuat anda sadar akan pikiran anda, dan membawa diri anda kembali pada saat ini. Ini tidaklah sulit: meditasi bisa dilakukan dimana saja, kapan saja. Seorang guru meditasi sangatlah berguna jika anda bisa menemukannya.

Berlatihlah sebisa mungkin, selangkah demi selangkah. Setiap langkah akan membantu anda menemukan ketenangan di tengah kemacetan kehidupan.

Jika anda mendapati tips ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment