Quantcast
Live

Apa Misi Anda?

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Anda tidak dilahirkan di dunia ini untuk melakukan satu hal saja sepanjang perjalanan hidup ini.

Namun, ide bahwa kita semua dilahirkan dengan sebuah ‘passion’ yang unik telah tersebar ke masyarakat luas, apalagi di Internet, seolah-olah setiap orang memiliki sebuah pekerjaan yang sudah ditakdirkan- seolah-olah evolusi, atau apapun itu- telah berkonspirasi besar-besaran untuk menjadikan anda seorang penulis, guru yoga, atau astronot.  

Tidak ada yang pasti di kehidupan ini. Tidak ada orang yang mempunyai nasib yang sudah ditentukan: tidak ada orang yang lahir dengan sebuah passion yang menunggu untuk ditemukan. Ada puluhan, atau bahkan ratusan hal yang bisa anda lakukan dengan hidup anda- pekerjaan yang bisa membuat anda bahagia atau bersemangat. Itulah mengapa “follow your passion” adalah sebuah nasihat yang sangat buruk.

Apa yang lebih penting adalah untuk memikirkan pertanyaan ini: Apa misi saya?

Banyak dari kita menjalani hidup ini bekerja, atau lebih parahnya lagi, membangun karir. Kita menjadi terbiasa dengan sebuah gaya hidup yang mendorong kita untuk menghabiskan gaji kita, berhutang, dan membeli barang-barang yang tidak kita perlukan. Lalu, sebelum kita mengetahuinya, kita terjebak di tangga karir kita, kita sudah terlalu tinggi untuk turun kembali, terlalu tinggi sampai kita tidak berani untuk melihat kebawah. Jadi kita terus maju dan menaiki tangga itu, mendiamkan satu pertanyaan terpenting.

Tidak ada yang salah dengan sebuah pekerjaan yang kita miliki: kita semua harus makan. Namun, saat kita telah berjalan terlalu jauh dari hidup yang benar-benar kita inginkan- saat kita berhenti menanyakan pertanyaan-pertanyaan sulit- kehidupan kita menjadi kosong.

Seperti passion anda, misi anda tidak datang saat anda lahir, dan tidak mudah untuk menemukannya. Saat anda menemukan sesuatu- apapun itu- yang membuat anda bersemangat dan anda menjadikannya misi anda, anda akan menemukan kebahagiaan dan kepuasaan dari pekerjaan yang anda lakukan. Jika anda tidak melakukan hal itu, anda hanya bekerja untuk mencari uang…  

Jika anda mendapati tips ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family’s business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment