Quantcast
Laugh

Tips Membangun Karir yang Sukses- Fokus Untuk Menambah Nilai

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Fredrick Buechner pernah berkata bahwa “panggilan kehidupanmu adalah dimana pekerjaan yang membuatmu bahagia bertemu dengan kebutuhan terpenting dunia.”

Kata-kata Buechner telah menjadi pegangan hidup-ku selama ini, terutama dalam aspek pekerjaan dan tujuan hidup. Kata-katanya mengingatkanku bahwa melakukan sesuatu yang aku cintai dan memiliki keahlian saja tidaklah cukup. Ketertarikan dan keahlian-ku harus melayani sebuah kebutuhan nyata di dunia ini.

Ketertarikan dan keahlian-ku harus membuat kehidupan-kehidupan orang lain lebih baik. Apa yang aku kerjakan harus menambah nilai ke dalam kehidupan orang lain.

Menambah Nilai

Pada dasarnya menambah nilai berarti membantu orang lain. Jika kamu mengikatkan ketertarikan dan keahlian-mu dengan kebutuhan dunia, kamu sudah berjalan ke arah yang benar. Bagi-ku itu artinya mengarahkan passion dan keahlian menulis-ku ke dalam sebuah blog yang bertujuan untuk membantu membuat kehidupan orang lain lebih baik.

Sayangnya, banyak sekali orang-orang di dunia ini yang melupakan hal ini. Mereka memulai atau menciptakan sesuatu yang luar biasa tanpa mempertimbangkan apakah apa yang mereka ciptakan atau lakukan itu melayani sebuah kebutuhan penting di dunia. Contohnya sebuah aplikasi yang membantu kamu menandai dimana saja kamu telah buang air besar dan membagikannya ke teman-teman-mu, membuat buku cerita berdasarkan kehidupan kucing-mu yang sehari-harinya hanya makan, tidur, dan berahi setiap kali melihat kucing tetangga sebelah.

Kesuksesan sebuah produk atau jasa sangat ditentukan oleh seberapa besar nilai yang kamu berikan ke orang lain. Jika sebuah produk tidak bisa melayani sebuah kebutuhan yang signifikan (signifikan untuk orang itu), bisa dipastikan, produk itu pasti akan gagal.

Itulah kenapa saat kita sedang menggali ketertarikan dan keahlian kita, penting bagi kita untuk selalu bertanya “Bagaimana ketertarikan/ keahlian ini membantu orang lain?” atau “Bagaimana aku bisa memberi lebih banyak nilai?”

Berikut adalah beberapa strategi untuk menggali kebutuhan orang-orang di sekitar-mu dan menambah nilai ke dalam kehidupan mereka:

  1. Temukan kebutuhan tersembunyi

    Terkadang apa yang orang katakan mereka inginkan dan apa yang sebenarnya mereka butuhkan adalah dua hal berbeda. Kegagalan untuk membedakan dua hal ini biasanya menyebabkan sebuah masalah besar bagi para pengusaha baru.

    Aku pernah memulai usaha Digital Marketing Agency selama beberapa bulan. Waktu pertama kali aku memulai usaha itu, aku pikir orang-orang Semarang sudah siap untuk sebuah revolusi digital. Aku sudah menanyakan teman-teman-ku apakah mereka membutuhkan jasa pembuatan content media sosial dan rata-rata kebanyakan dari mereka berkata ya. Tapi ternyata, aku salah.

    Mereka hanya menginginkan content media sosial yang menarik, tetapi mereka tidak membutuhkan content media sosial yang menarik. Dan itu adalah dua hal yang berbeda.
     Kegagalan Digital Marketing Agency-ku yang masih berumur enam bulan mengajariku hal ini. 
  2. Buat orang-orang menjadi pahlawan di kehidupan mereka

    Seringkali saat kita membuat sebuah bisnis/ produk/ jasa baru, kita biasanya berpikir bagaimana kita bisa membuat bisnis/ produk/ jasa yang luar biasa.

    Namun, pola pikir seperti ini adalah pola pikir yang terbatas. Jika kamu ingin menciptakan sesuatu yang dihargai orang-orang, kamu harus menciptakan sesuatu yang bisa membuat orang-orang terlihat/ merasa luar biasa.

    Jika orang-orang menemukan bahwa bisnis/ produk/ jasa-mu membuat kehidupan mereka menjadi luar biasa, maka mereka biasanya tidak akan keberatan untuk merekomendasikan bisnis/ produk/ jasa-mu ke teman-teman, keluarga, dan bahkan kucing mereka…
  3. Lakukan yang orang-orang hargai

    Saat memutuskan apa yang ingin kamu lakukan dengan hidupmu, fokuslah untuk melayani sebuah keinginan di dunia ini.

    Pada dasarnya, kita semua menginginkan lebih banyak sesuatu dan lebih sedikit hal lain. Kita semua menginginkan cinta, uang, penerimaan, status, dan lain-lain. Dan di saat yang sama kita juga ingin mengurangi stress, hubungan yang buruk, penolakan dan lain-lain. Saat apa yang kamu lakukan bisa memberikan orang-orang apa yang mereka inginkan lebih banyak atau mengurangi hal-hal yang tidak mereka inginkan (atau dua-duanya), kamu sudah berada di jalur yang tepat.

Pada akhirnya saat kamu mengikatkan apa yang kamu cintai dan keahlianmu dengan sebuah kebutuhan dunia, kamu tidak akan kehabisan pekerjaan. Fokus untuk membantu orang lain, menyelesaikan sebuah masalah nyata di dunia ini, dan kamu akan dihargai di dunia ini.

 

Jika kamu menemukan artikel ini bermanfaat, klik Subscribe di bawah ini. Selain mendapatkan artikel-artikel terbaru aku lebih cepat, kamu juga akan mendapatkan 3 rekomendasi buku dariku setiap bulannya, dan satu atau dua artikel tambahan. Jadi tunggu apa lagi? Subscribe…

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment