Quantcast
Laugh

Menemukan Waktu Menyendiri: Mengapa Kesendirian Akan Membuat Anda Lebih Bahagia Bagian 2

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Kesendirian adalah sesuatu yang sangat penting untuk kehidupan kita. Di artikel saya yang sebelumnya, saya telah menjelaskan beberapa manfaat kesendirian dan di artikel ini, saya akan menjelaskan bagaimana anda bisa menemukan waktu untuk menyendiri di tengah dunia yang sibuk ini.

Jika anda sudah lama tidak terhubung dengan jiwa anda, anda harus mulai berusaha untuk membangun hubungan dengan seseorang yang sangat penting di kehidupan ini- yaitu anda sendiri.

Berkencanlah dengan diri anda sendiri

Menunggu kebahagiaan

Di dalam bukunya The Right to Write, Julia Cameron mendorong pembacanya untuk mentraktir diri mereka sendiri untuk sebuah kencan artistik setiap minggunya- sebuah ekspedisi ke dalam diri sendiri dengan pergi ke tempat-tempat yang menurut anda menarik. Tempat itu bisa berupa museum bersejarah, toko kain, konser akustik atau daerah pegunungan. Tujuannya bukanlah untuk mencapai sesuatu atau mempelajari sebuah subjek: tujuannya adalah untuk bersenang-senang- sendirian. Saat kita mengencani kesadaran kreatif kita, ia berkata, kita akan mempunyai lebih banyak energi untuk bekerja.

Berpegang teguh pada pendirian anda

Waktu untuk menyendiri bisa dengan mudah berubah menjadi sesuatu yang lain- ingatlah, saat kita membicarakan kesendirian, dua orang masih terlalu banyak. Beberapa saat yang lalu, saat saya berada di sebuah kafe untuk membaca buku, teman saya tiba-tiba menelefon saya. Saya pun akhirnya mengajak teman saya di kafe itu. Akhirnya, kita berdua malah mengobrol tentang berbagai hal, dan akhirnya kesempatan saya untuk menyendiri berlalu begitu saja. Hari itu saya belajar bahwa persahabatan adalah sesuatu yang berharga, namun kesempatan untuk membaca sebuah novel sendirian di sebuah kafe juga adalah sebuah kesempatan yang langka.

Jelaskan kebutuhan anda untuk menyendiri

“Saya membutuhkan waktu untuk menyendiri” mungkin terdengar menyedihkan dan aneh. Saya telah belajar untuk menyampaikan kebutuhan saya untuk menyendiri dengan jelas.

Bantu orang lain yang untuk menerima kesendirian

Jika anda sudah berpasangan, doronglah pasangan anda untuk melakukan aktivitas kesenangan mereka. Contohnya, setiap kali teman saya ingin menyendiri, ia akan menyerahkan tanggung jawab untuk menjaga anak-anaknya ke suaminya. Ia kemudian akan memberikan suaminya kesempatan untuk menyendiri minggu depan sementara ia akan menjaga anak-anak mereka. Bantu orang lain untuk menyendiri dan mereka akan membantu anda untuk menyendiri.

Carilah momen-momen yang tercuri

Jika anda cukup teliti, anda akan menemukan waktu-waktu kosong di tengah kesibukan anda setiap harinya. Cobalah untuk mencapai tempat pertemuan anda 10 menit lebih pagi, buatlah makan malam tanpa smartphone anda di dekat anda. Tariklah nafas yang dalam, tenangkan diri anda, dan cek perasaan anda.

Belajarlah untuk berdiam

people resting from hard work

Anda harus beristirahat dan bermain untuk mencapai tujuan-tujuan anda. “Pastikan jangan memaksakan diri anda untuk bersantai,” kata Moore. “Saat anda membuat sebuah program untuk bersantai, anda telah kembali sibuk.”

Jika anda ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya, tinggalkan email anda dan klik tombol subscribe di bawah ini. Atau, klik tombol “like” di atas. 🙂

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment