Quantcast
Laugh

Kunci Mengalahkan Kemalasan- Mulai Dari Hal-Hal Kecil

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

Banyak orang merasa terjebak karena beberapa alasan:

Sebuah tugas atau proyek yang terlalu mengintimidasi dan sulit jadi kita menunda tugas itu. Membangun kebiasaan baru itu sulit sehingga kita menyerah setelah satu atau dua minggu. Hidup terasa menjemukan karena ada banyak hal yang harus anda lakukan. Akar dari semua masalah-masalah ini adalah karena kita seringkali mengambil gambar besar dari sebuah masalah. Akibatnya, kita menjadi tertekan karena masalah raksasa yang harus kita hadapi, dan menggunakannya sebagai alasan untuk tidak melakukan apa-apa.

Alih-alih melakukan semua itu, saya merasa fokus untuk melakukan satu hal kecil saja bisa merubah segalanya.

Contohnya:

  • Ada terlalu banyak hal yang harus saya lakukan saat ini, saya merasa tertekan
    Solusinya: fokus untuk melakukan satu hal kecil saja.
    Mulai saja. Lakukan proyek itu pelan-pelan, selangkah demi selangkah. Buatlah daftar tugas-tugas yang harus anda lakkan. Sesuatu yang bisa anda lakukan dalam 1-2 menit. Anda bisa melakukannya.
  • Saya gagal untuk membangun kebiasaan baru seperti meditasi atau berolahraga… dan hal itu membuat saya tidak mau memikirkan kebiasaan itu lagi.
    Solusinya: Saya melakukan versi kecil dari kebiasaan itu- Bisakah saya berhenti sejenak dan bermeditasi sekarang? Apakah saya bisa melakukan beberapa pushup? Hal ini akan membangun momentum, dan dengan itu, kebiasaan itu tidak akan menjadi sulit lagi. Saya hanya perlu mulai melakukan hal-hal kecil.
  • Saya selalu menunda-nunda proyek saya dan saya merasa bersalah
    Solusi: Saya hanya akan melakukan satu hal kecil tentang proyek itu dan sekarang saya merasa jauh lebih baik. Tiba-tiba, saya bisa memulai proyek itu dengan langkah-langkah kecil, kemenangan bertahap.

 

Contoh-contoh ini mungkin terdengar sederhana dan tidak signifikan- namun dampak hal-hal kecil ini lebih besar dari bayangan kebanyakan orang. Tindakan-tindakan ini bisa dibilang sangatlah kecil, namun dampaknya sangatlah besar. Kemenangan-kemenangan yang anda rasakan mungkin tidak terasa signifikan, namun pelan-pelan kemenangan-kemenangan itu akan merubah anda.

Apakah anda sedang menunda melakukan sesuatu? Apakah anda merasa tertekan? Tindakan-tindakan kecil apa yang bisa anda lakukan saat ini?

Dapatkan kemenangan-kemenangan kecil hari ini, dan rasakan perubahannya di dalam kehidupan anda.

 

Jika anda mendapati tips ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment