Quantcast
Live

Mulai Melakukan Sesuatu- Tips Sukses Amelia Earheart

Google+ Pinterest LinkedIn Tumblr

“Anda tahu siapa anda? Jangan bertanya. Bertindak! Tindakan anda akan mendefinisikan jati diri anda”– Thomas Jefferson

Amelia Earheart ingin menjadi pilot yang terkenal. Namun, ia terlahir di tahun 1920an, sebuah zaman dimana orang-orang masih berpikir bahwa wanita adalah makhluk lemah yang rapuh dan tidak memiliki kesempatan untuk sukses. Hak pemilihan suara untuk kaum wanita saja baru diperbolehkan beberapa tahun yang lalu.

Ia tidak bisa memenuhi kebutuhan hidupnya dengan menjadi seorang pilot, jadi ia memutuskan untuk bekerja sebagai pekerja sosial. Lalu, suatu hari telepon di rumahnya berbunyi. Orang yang meneleponnya menantang Amelia untuk melakukan sesuatu yang bisa dibilang cukup gila. Tawaran itu terdengar mencemooh, pria itu berkata sesuatu seperti ini: kami menemukan seseorang yang mau membiayai pilot wanita yang mau melakukan penerbangan trans-atlantik. Pilihan pertama kita mundur. Anda sebenarnya tidak akan benar-benar menerbangkan pesawat itu, kita akan mengirim dua pilot laki-laki untuk terbang bersama anda. Kita tidak akan membayar anda. Oh, dan anda mungkin bisa mati dalam penerbangan ini.

Anda tahu apa yang ia katakan pada pria brengsek dan tawaran gilanya itu? Amelia berkata ya.

Karena itulah apa yang orang-orang tersukses di dunia ini lakukan. Itulah bagaimana orang-orang yang menjadi ahli dalam suatu hal- entah itu menerbangkan pesawat atau menghentikan diskriminasi wanita- melakukannya. Mereka mulai melakukan sesuatu. Dimanapun. Dengan cara apapun. Mereka tidak peduli jika kondisi mereka tidak sempurna atau mereka sedang dibohongi. Karena mereka tahu, begitu mereka memulai sesuatu, jika mereka mendapatkan cukup momentum, mereka bisa menjalankannya. Itulah tips sukses paling penting yang harus anda ketahui.

5 tahun kemudian, Amelia Earhart menjadi wanita pertama yang terbang nonstop menyeberangi Samudra Atlantik, dan menjadi salah satu wanita yang paling dihormati di dunia.

Namun, hal itu tidak akan terjadi jika ia menolak  tawaran menggelikan tadi atau mengeluh atas kondisinya saat itu. Hal itu tidak akan terjadi jika ia berhenti setelah penerbangan pertamanya. Apa yang paling penting adalah mengambil kesempatan yang ada di depan mata anda dan terus berjuang untuk mencapai mimpi-mimpi anda. Itulah rahasia kesuksesan Amelia Earheart.

Mengapa Kita Enggan Untuk Melakukan Sesuatu

Hidup bisa terasa menjemukan. Biasanya kita tahu apa masalah kita. Kita mungkin tahu apa yang harus kita lakukan terhadap masalah-masalah itu. Namun, kita takut mengambil tindakan karena mengambil tindakan adalah sesuatu yang beresiko. Kita pikir kita tidak memiliki pengalaman yang cukup, atau karena masalah itu lebih besar dari perkiraan kita, atau karena apa yang inti kita lakukan itu terlalu mahal, terlalu cepat, atau karena sesuatu yang lebih baik mungkin akan datang, atau karena mungkin kita sedang mencari tips sukses paling mutakhir.   

Dan anda tahu apa hasilnya? Tidak ada. Kita tidak melakukan apa-apa.

Berkatalah pada diri anda sendiri: waktu anda pendek. Angin kehidupan bertiup semakin kencang. Bel sudah berbunyi. Mulailah sesuatu, bertindaklah.

Kita biasanya berasumsi bahwa dunia ini bergerak sesuai keinginan kita. Kita menunda padahal seharusnya kita berinisiatif. Kita berjalan saat kita seharusnya berlari kencang. Lalu kita terkejut saat tidak ada sesuatu yang terjadi, kesempatan tidak pernah datang, rintangan-rintangan menumpuk, atau musuh-musuh kita bekomplot untuk menjatuhkan kita.

Tentu kita tidak bisa mengeluh atas kejadian ini, kita memberi mereka kesempatan untuk melakukan hal itu.

Jadi langkah pertamanya adalah untuk memulai, di manapun anda berada sekarang.

Tips Sukses #2- Berikan yang Terbaik

Sekarang, mungkin anda sudah melakukan semua itu. Luar biasa! Anda sudah jauh lebih baik dari kebanyakan orang di dunia ini. Namun mari kita jujur pada diri kita sendiri: Apakah anda bisa melakukan lebih? Anda mungkin bisa berusaha lebih keras- pasti ada ruang untuk berkembang. Paling tidak, anda bisa melakukan lebih baik. Anda mungkin sudah memulai, namun usaha anda mungkin belum maksimal- dan itu terlihat dari hasil pekerjaan anda.

Apakah hal-hal itu akan mempengaruhi hasil yang anda dapatkan? Itu pasti.

Melompat Ke Medan Perang

Dalam tahun-tahun pertama perang dunia ke 2, tidak ada tugas yang lebih parah dari pasukan Inggris yang dikirim ke Afrika Utara. Terstruktur dan terorganisir dengan baik, pasukan Inggris benci cuaca Afrika yang tidak stabil dan medan yang melambatkan gerak mesin dan rencana mereka. Mereka bertindak sesuai perasaan mereka: pelan-pelan, takut-takut, dan hati-hati.

Panglima tertinggi Jerman, Jendral Erwin Rommel, di sisi lain, mencintai tempat itu. Ia melihat peperangan sebagai sebuah permainan. Sebuah permainan berbahaya, tidak teratur, dan berkecepatan tinggi. Dan yang paling penting, ia bermain dengan energi yang meluap-luap, mendorong pasukannya untuk terus maju.

Tentara-tentara Jerman memiliki sebuah perkataan tentang pria itu: Di mana ada Rommel, disitu ada kemenangan.

Itulah tips sukses yang ke dua: melangkah maju ke pokok permasalahan dan benar-benar berusaha menyelesaikannya.

Ini jelas bukan apa yang orang-orang katakan tentang pemimpin modern. Dimana CEO yang dibayar berlebihan mengambil liburan panjang dan bersembunyi dibalik e-mail otomatis, beberapa programmer bekerja 18 jam sehari, membuat aplikasi yang akan menghancurkan bisnis CEO itu. Dan jika kita berani jujur, kita biasanya lebih mirip dengan CEO malas itu saat kita dihadapkan dengan masalah-masalah kita.

Saat anda tertidur, berlibur, menghabiskan waktu anda chatting, hal yang sama terjadi pada anda. Anda menjadi lemah. Anda tidak cukup agresif. Anda tidak berkembang. Anda memiliki jutaan alasan kenapa anda tidak bisa bergerak lebih cepat. Hal ini membuat semua masalah di kehidupan anda terlihat lebih besar dari sesungguhnya.

Karena beberapa alasan tertentu, banyak dari kita memalingkan wajah kita dari pentingnya agresivitas, mengambil risiko, dan berjuang dalam hidup. Mungkin ini karena agresivitas diasosiasikan dengan kekerasan atau maskulinitas.

Namun, Earheart telah menunjukkan bahwa ini tidak benar. Bahkan di samping pesawatnya, ia menulis “Selalu berpikir dengan tongkat anda di depan.” Artinya: anda tidak akan bisa mengurangi kecepatan terbang anda- jika anda melakukan itu, anda akan menabrak sesuatu. Pertimbangkanlah segalanya, namun anda harus terus maju.

Dan itu adalah inti dari tips sukses ini: terus bergerak maju, selalu.

Seperti Earhart, Rommel belajar dari sejarah bahwa mereka yang menyerang masalah dan hidup dengan inisiatif dan semangat biasanya akan menang. Ia terus mendorong dirinya sendiri, menyerang pasukan Inggris yang ketakutan dengan efektif.

Serangan yang ia lakukan di daerah Cyrenaica, Tobruk, dan Tunisia menyebabkan kemenangan paling hebat di sejarah peperangan. Ia memulai serangannya dengan cepat, saat para pasukan Inggris sedang bersantai dan mulai merasa nyaman. Rommel berhasil memanfaatkan medan pertempuran paling sulit di dunia menjadi senjata paling efektif. Ia berhasil menembus medan peperangan itu langsung, mengejutkan para pasukan inggris dan jendral Jerman lainnya karena ia tidak pernah berhenti bergerak.

Hal ini mengejutkan jendral-jendral Jerman lainnya yang terus mencoba untuk mendinginkan kepala Rommel. Mereka lebih mementingkan pertimbangan dan perdebatan ketimbang perkembangan. Hal ini mempengaruhi momentum yang telah dibangun Rommel dan pasukannya- seperti halnya dengan kehidupan kita saat ini.

Saat anda merasa kecewa dengan pencapaian anda, jangan duduk dan mengeluh bahwa anda tidak memiliki apa yang anda mau atau bagaimana masalah ini tidak akan terselesaikan. Jika anda bahkan belum mencoba apa-apa, tentu anda akan berada di posisi yang sama . Anda belum melakukan apa-apa.

Di blog ini, kita telah banyak berbicara tentang keberanian, namun kita lupa bahwa pada dasarnya keberanian adalah mengambil tindakan- entah itu mendekati seseorang yang anda cintai atau mempelajari sesuatu yang harus anda pelajari. Seperti yang Earhart lakukan, orang-orang tersukses di dunia memulai kesuksesan mereka dengan berkata, ya, ayo kita lakukan. Dan mereka biasanya melakukan hal-hal itu dalam situasi yang jauh lebih sulit dari situasi-situasi sulit yang pernah kita alami. 

Hanya karena anda merasa situasi yang anda alami tidak sesuai dengan kehendak anda, atau anda merasa anda belum siap, bukan berarti anda dapat memiliki ijin untuk mengeluh dan tidak melakukan apa-apa. Jika anda ingin maju, anda harus membuat momentum itu sendiri, sekarang, dengan berlari dan melakukan sesuatu.

Jika anda mendapati tips sukses ini bermanfaat dan ingin mendapatkan artikel-artikel terbaru saya lebih cepat, subscribe ke box dibawah ini atau like Facebook saya.

Magnus lives in Semarang, Indonesia. He is currently managing the family's business together with his dad and his elder brother. Magnus enjoys reading and recently he started writing his personal reflections.

Write A Comment